Alur Buku Langit Senja Diduga Plagiat Karya Penulis Gauri

Alternative Universe (AU) kini semakin memiliki banyak pembaca yang diketahui bisa diakes ceritanya melalui media sosial X. Bahkan sebagian besar penulis AU telah sukses menerbitkan ceritanya menjadi buku, Selasa (26/3).




Baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan, seorang penulis AU yang diduga memplagiat cerita penulis lainnya, Nadilla TP penulis Langit Senja. Hingga saat ini, belum ada konfrimasi kejelasan dari pihak Nadilla. Namun seorang penulis yang dikenal dengan sebutan Gauri menyebarkan beberapa bukti adanya kesamaan alur cerita miliknya dengan cerita Langit Senja.


Sebuah utas dari penulis AU @heatherday_ menulis jika sebelumnya Nadilla atau yang akrab disapa Ciel oleh pembaca setianya ini hanya klarifikasi plagiat AU berjudul “What If” saja. Namun, Gauri menemukan banyak kemiripan antara long AU Ciel yang berjudul Langit Senja dengan dua cerita miliknya.


 Beberapa bukti yang dibagikan @heatherday_ pada Senin (25/3) telah dilihat sebanyak 1,3 juta orang pada saat ini, dengan 5,433 ribu mengunggah ulang dan 12,2 ribu menyukai.


Salah satu utas dari Gauri berupa bukti Ciel diduga melakukan plagiat, “Paling bikin kaget. Lagi baca VT (Video TikTok) malah ketemu ini. Di cerita Zean Alissa, dari part awal mereka sudah membuat jurnal.” (cerita Langit Senja dari part awal sudah membuat jurnal berisi kisah kedua pemeran utamanya, sama persis dengan cerita yang dibuat oleh Gauri pada cerita Zean Alissa).




Warganet ikut membanjiri komentar atas utas yang diunggah oleh Gauri.


“Sesama penulis kok bisa-bisanya tega buat plagiat,” tulis @Q10310903.


Sebuah akun bernama Risma @pwettygirle menuliskan, “Jahat banget yang plagiat, mana udah jadi buku dan diperjualbelikan. Uangnya gak akan berkah tuh.”


“@_rainbooks jangan dukung plagiasme please. Sebagai penerbit yang terpercaya, toong jadikan tinta hitam untk plagiasme. Keluarin klarif secepatnya supaya jelas, jangan Cuma gembar-gembor terus jualin novelnya doang,” @kentang56007060 meninggalkan komentar.


Penulis: Dita Mawanda

Editor: Dita Mawanda

Sumber:https://x.com/heatherday_/status/1772253726813622440?t=M-jzjA1kQ3r7Qcq0AZzMzQ&s=08



 

Posting Komentar

0 Komentar